loading...

Pengertian Pola Hidup Sehat Bersih dan Disiplin



Kali ini Bloggondes akan membahas tentang pola hidup Sehat, Bersih dan Disiplin, semua itu terdapat 3 unsur kesehatan yang bisa membawa dampak baik pada Manusia, adapun 3 unsur itu meliputi:

1. Modernisasi
2. Konsep sehat
3. Kesehatan masyarakat dan paradigma sehat





1.Penjelasan Modernisasi


Modernisasi baik secara langsung maupun tidak langsung telah membawa dampak perubahan pada pola hidup manusiaa, antara lain meliputi pola makan, dan juga pola pikir dan pola nilai.
Semua ini akan berdampak pula pada perubahan pola-pola kesehatan masyarakat. Kehidupan modern menuntut Orang untuk hidup lebih cepat untuk upaya memenuhi kebutuhan kehidupan, sehingga mengakibatkan kelelahan, kurang istirahat, stres, dan faktor-faktor lain yang mengakibatkan banyak Orang mengalami penurunan daya tahan tubuh.
Pola kehidupan modern juga berdampak negatif pada pencemaran lingkungan dan pencemaran makanan oleh zat kimia. Kondisi seperti itu dapat menekan kerja sistem kekebalan tubuh yang menyebabkan mikrobia patagen (penyebab penyakit) seperti Virus, cendawan dan bakteri mudah masuk dan menyerang tubuh.
Dari berbagai penelitian yang di lakukan oleh pakar kesehatan, perubahan iklim menyebabkan kondisi tubuh harus setiap saat menyesuaikan diri dengan keadaan alam.

Kerusakan alam secara tidak langsung dapat menyebabkan berbagai penyakit baru. Demikian juga dengan polusi lingkungan yang saat ini semakin tinggi terjadi di tanah air di kota-kota besar terutama di tempat jalan-jalan  transportasi.

Asap kendaraan bermotor memicu timbulnya kanker, bronkgitis, emfesima, kardiovaskuler, dan masih banyak lagi.

Bagaimana menghindari atau memperkecil dampak buruk dari modernisasi agar tidak merontokkan sistem pertahanan tubuh dan menimbulkan gangguan kesehatan yang berkepanjangan, jawabnya ya" harus di rubah pola hidup dari sekarang.


2. Penjelasan tentang Konsep sehat


Banyak ahli filsafat , biologi, antropologi, sosiologi, kedokteran, dan lain-lain di bidang ilmu pengetahuan telah mencoba memberikan pengertian tentang Konsep Sehat ditinjau dari masing-masing disiplin ilmu. Masalah Sehat merupakan proses yang berkaitan dengan kemampuan atau ketidak mampuan manusia beradaptasi dengan lingkungan baik secara biologis, psikologis ataupun sosial budaya.

Di dalam UU No. 23 Tahun 1992 tentang kesehatan dinyatakan bahwa:

Kesehatan adalah keadaan sejahtera dari badan, jiwa dan sosial yang memungkinkan hidup produktif secara sosial ekonomi.
Dalam pengertian ini maka kesehatan harus dilihat sebagai satu-satunya yang utuh terdiri dari unsur-unsur fisik, mental dan sosial, serta di dalamnya kesehatan jiwa merupakan bagian integral dari kesehatan.


3. Penjelasan kesehatan masyarakat


Yaitu di sebut sebagai psycho socio-somatic heth well-being, merupakan sinergitas dari 4 faktor yaitu:

1. Lingkungan (environent).

2. Prilaku (behaviour).

Antara yang pertama dan yang kedua dihubungkan dengan ecological balance.

3. Keturunan (heredity) yang dipengaruhi oleh populasi, distribusi penduduk, dan sebagainya.

4. Health care service berupa program kesehatan yang bersifat preventif, promotif, kuratif dan rehabilitatif.

Dan empat faktor tersebut dibatas, lingkungan dan prilaku merupakan faktor yang paling besar pengaruhnya (dominan) terhadap tinggi rendahnya derajat kesehatan masyarakat.

paradigma Sehat adalah cara pandang atau pola fikir pembangunan kesehatan yang bersifat holistik, proaktif antisipatif, dengan melihat masalah kesehatan sebagai masalah yang dipengaruhi oleh banyak faktor secara dinamis dan lintas sektoral, dalam suatu wilayah yang beroritasi kepada peningkatan pemeliharaan dan perlindungan terhadap penduduk agar tetap sehat dan bukan hanya penyembuhan penduduk yang sakit.

Pada intinya paradigma sehat memberikan perhatian pertama terhadap :

1. Kebijakan yang bersifat pencegahan dan promosi kesehatan.

2. Memberikan dukungan dan lokasi sumber daya untuk menjaga agar yang sehat tetap sehat namun tetap mengupayakan yang sakit segera sehat.

Pada prinsipnya kebijakan tersebut menekankan pada masyarakat untuk mengutamakan kegiatan kesehatan daripada mengobati penyakit.


Itulah yang dapat Bloggondes jelaskan tentan pola Hidup Sehat Bersih dan Disiplin, semoga bisa menjadi manfaat bagi pengunjung?

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Responses to "Pengertian Pola Hidup Sehat Bersih dan Disiplin"

Henri Taufik said...

thanks gan ane jdi lebih tahu pengertian Pola Hidup Sehat Bersih dan Disiplin

Arifin said...

sama2 mksih udh berkunjung

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel